Damar Pilau Indonesia

Destinasi Wisata Batu Mentas Belitung yang Exotic Banget

tarsius-belitung-damarpilau-1

Belitung Jika Anda mendengar Pulau belitung pasti langsung terbayang dengan keindahan pantainya, bukan? Atau Anda langsung terbayang dengan susahnya Lintang mengayuh sepeda untuk bersekolah di SD Laskar pelangi? Anda harus tahu bahwa Pulau Belitung tidak sesempit itu. Memang, Pulau Belitung sekarang sangat digandrungi oleh wisatawan karena keindahan pantainya. Tapi apakah Anda tahu bahwa di Belitung masih ada tempat wisata alam yang masih sangat alami? Batu Mentas Belitung namanya.

Batu Mentas juga menyimpan flora fauna langka yang tak bisa ditemukan di daerah lain. Bila kamu berencana berlibur di Batu Mentas dalam waktu dekat, simak deh beberapa informasi yang sudah Damarpilau rangkum.

 

1. Lokasi, harga tiket, dan jam buka

Lokasi: Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, Bangka Belitung
Jam buka: 08.00-17.30 WIB
Harga tiket: Rp10.000

 

2. Rute menuju Batu Mentas

Batu Mentas memiliki jarak tempuh dari bandara 17km dan bila berangkat dari pusat kota Tanjung Pandan sekitar 25km. Permukaan jalan yang dilalui untuk menuju wisata alam ini sudah beraspal namun sebagian ada yang masih berupa tanah sehingga sangat penting untuk berhati-hati saat ke sana.

Untuk menuju Batu Mentas, arahkan kendaraanmu ke Jalan A Yani Menuju Jalan Ayertayu. Belok kiri ke Jalan Sudirman dan ambil arah kanan ke Jalan Badau-Simpang Ranggiang, lalu lurus terus dan belok kiri. Di situlah kawasan Wisata Batu Mentas berada.

 

Tarsius

 

3. Cerita singkat tentang Batu Mentas

Batu Mentas merupakan taman wisata sekaligus tempat penangkaran tarsius di Belitung yang berdiri pada tahun 2012. Lokasinya berada dalam kawasan Hutan Lindung Kaki Gunung Tajam, Belitung. Selain tarsius, beberapa hewan langka lain juga ada di sini antara lain burung siauw, rusa, tupai kelaras, dan pelanduk.

Tak hanya fokus pada fauna saja, Batu Mentas juga menjadi tempat perlindungan bagi flora yang mulai langka seperti pelawan, nibong palay, sisilan, simpor laki, rukam dan masih banyak lagi.

 

4. Fasilitas penunjang

Meski cukup jauh dari pusat kota, Wisata Batu Mentas sudah memiliki sejumlah fasilitas yang cukup komplit, antara lain:

  • gazebo
  • rumah makan
  • area outbond
  • kamar mandi
  • mushola
  • penginapan rumah pohon.

 

5. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Keindahan alam khas Batu Mentas tak hanya bisa dinikmati dengan cara dipandang saja karena banyak aktivitas seru yang bisa dicoba saat di sini, yaitu:

Trekking/hiking

Karena berada di area hutan lindung, Wisata Batu Mentas banyak di jadikan jalur trekking maupun hiking dengan medan yang cukup seru dan menantang. Tak lupa di sela-sela ber-hiking ria, kamu juga bisa mengabadikan keindahan alam Wisata Batu Mentas dengan kamera maupun ponselmu.

Mandi dan berenang

Salah satu destinasi favorit yang ada di Wisata Batu Mentas adalah sungainya yang jernih dengan bebatuan alam di sekitarnya. Untuk itu kegiatan seru yang wajib di lakukan saat di sini adalah berenang dan bermain air di sungai. Karena airnya jernih dan bersih, kita bahkan bisa melihat ikan-ikan kecil yang ada di sungai saat berenang, lho!

 

Menyaksikan fauna dan flora

Selain menjadi tempat wisata, Wisata Batu Mentas juga merupakan penangkaran bagi hewan langka bernama Tarsius bancanus saltator atau biasa di sebut monyet hantu. Sehingga saat ada di sana, kamu bisa melihat bahkan berfoto dengan tarsius. Selain tarsius, ada pula fauna dan flora lainnya yang di lindungi di sini.

 

tarsius-bancanus-saltator

Arung jeram tubing

Untuk menambah daya tarik Wisata Batu Mentas, terdapat kegiatan arung jeram dan tubing yang bisa di lakukan dengan memanfaatkan aliran sungai di dalam taman wisata. Pihak pengelola melengkapinya dengan menyediakan pelampung dan jaket keselamatan.

Outbond

Karena suasananya asri dan alami, Wisata Batu Mentas kerap di jadikan lokasi outbond beberapa instansi termasuk sekolah sekolah yang ada di Belitung. Kegiatan outbond di fasilitasi dan akan dipandu langsung oleh pihak pengelola batu mentas.

 

Menginap di rumah pohon

Hal menarik lain yang bisa di lakukan di sini adalah menginap di pondok rumah pohon atau rumah tenda yang tersedia di kawasan Wisata Batu Mentas. Tak perlu takut, fasilitas di dalam penginapan cukup lengkap ada kamar mandi dan tempat tidur yang akan membuatmu nyaman selama bermalam di taman wisata ini.

Alamnya masih alami dan belum banyak di datangi wisatawan, Wisata Batu Mentas cocok banget di jadikan spot healing sejenak dari rutinitasmu yang padat.

 

tarsius-belitung-damarpilau

 

Paket Tour Belitung 2023

Apakah anda ingin liburan di Belitung tapi belum punya planning wisata yang akan dituju? Tenang akan kami bantu memberikan rekomendasi di paket tour Belitung dari Agatha Tour.

Pulau Belitung memiliki berbagai wisata yang indah dan menarik. Ragam wisata tersebut bahkan terdengar hingga ke luar negeri. Berlibur di Pulau Belitung merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin mencari suasana baru!

Maka dari itu kami merancang layanan paket tour Belitung khusus untuk kamu dalam merencanakan liburannya dengan pengaturan waktu yang fleksibel saat mengunjungi tempat-tempat menarik di Belitung.

Silakan pilih layanan ini sesuai keinginan kamu. Untuk harga tidak membuat kantong kamu kering.

Bagikan Postingan

Cerita Lainnya

Bukan Iklan Jangan di Klik