Damar Pilau Indonesia

7 Destinasi Wisata Belitung Timur, Negerinya Laskar Pelangi!

sd-laskar-pelangi-belitung

Wisata Belitung Timur merupakan salah satu destinasi yang bisa jadi salah satu tujuan para wisatawan ketika sedang berlibur. Belitung Timur memiliki berbagai destinasi wisata yang populer dan wajib dikunjungi.

Belitung Timur merupakan tempat kabupaten yang memiliki cerita. Di sana adalah latar tempatnya film Laskar Pelangi. Tempat yang indah di dalam film tersebut tentu berbanding lurus dengan keindahan alam dan wisata yang ada di Belitung Timur.

Maka dari itu, kali ini Damarpilau merangkum wisata Belitung Timur yang populer yang bisa kamu kunjungi.

 

1. Wisata Laskar Pelangi

sd-laskar-pelangi-belitung

Tempat wisata Belitung Timur pertama yang paling populer adalah wisata SD Muhammadiyah Gantong yang dipakai syuting film Laskar Pelangi. Bangunan SD ini menarik karena berada di lapangan berpasir putih dan bangunannya terbuat dari kayu.

Anda bisa berkunjung ke tempat ini sembari berfoto dengan berlatar seperti yang ada pada film Laskar Pelangi. Lokasinya berada di Lenggang, kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

 

2. Pantai Nyiur Melambai

 

Tempat wisata Belitung Timur kedua yang bisa Anda kunjungi adalah pantai Nyiur Melambai. Pantai ini terletak di Kampung Lalang Manggar. Ini merupakan pantai dengan pasir putih yang sangat indah. Anda bisa menikmati deburan ombak dan indahnya pemandangan alam di pantai tersebut dengan akses yang sangat mudah.

Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga masih dipakai oleh wara untuk mencari ikan. Selain itu, pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti toilet, musala, dan tempat makan. Anda bisa masuk pantai ini gratis.

 

3. Pantai Punai

pantai-punai-belitung-timur

 

Selanjutnya adalah Pantai Punai. Pantai ini berlokasi di Tanjung Kelumpang Kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini berjarak sekitar 86 km dari Bandara Hanandjoeddin. Di sini Anda bisa menikmati pantai yang berpasir putih dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, di sepanjang garis pantai Punai juga terdapat pepohonan rindang yang cantik. Hal ini tentu menambah estetika yang bisa Anda jadikan sebagai background foto.

 

4. Vihara Dewi Kwan Im

vihara-dewi-kwan-im-belitung

 

Wisata Belitung Timur yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Vihara Dewi Kwan Im. Tempat wisata ini terletak di Burong Mandi Kecamatan Damar Kabupaten belitung Timur. Di sini Anda bisa mengunjungi vihara yang diyakini didatangkan langsung dari Tiongkok dengan menggunakan kontainer.

Tempat ini sangat indah jika dibuat foto-foto. Vihara ini memiliki cerita yang sangat menarik untuk ditelisik lebih jauh.

 

5. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Selanjutnya, tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Belitung Timur adalah museum kata Andrea Hirata. Museum ini terletak di Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Banga Belitung.

Di sini Anda akan menemukan foto-foto dari film Laskar Pelangi, beberapa sekuel dari novel karya Andrea Hirata, dan rangkaian beberapa kata indah ciptaan Andrea Hirata. Selain itu, museum ini juga memiliki bangunan yang unik sehingga menarik untuk diabadikan.

 

6. Dermaga Kirana atau Rumah Keong

 

Rumah-keong

Tepat didepan replica SD Laskar Pelangi ada sebuah bangunan menyerupai keong yang kemudian orang menyebutnya rumah keong. Seiring berjalannya waktu tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dan kemudian dijadikan tempat wisata oleh pengelola. Namanya sendiri adalah Dermaga Kirana atau Rumah keong.

Tempat ini kemudian menjadi tempat wisata instagramble di Belitung Timur yang saying kalau dilewatkan. Masuk tempat wisata dermaga kirana atau rumah keong ini wisatawan dipungut biaya sebesar lima ribu rupiah.

 

7. Open-Pit Lead Mining

open-pit-belitung

Tempat wisata Belitung Timur yang juga wajib untuk Anda kunjungi adalah Open-Pit Lead Mining. Tempat ini merupakan kawasan wisata bekas tambang timah yang berupa lubang besar dan terdapat terowongan bawah tanah.

Di tempat ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan seperti susur goa, rock climbing atau panjat tebing, camping, hingga bermain ATV. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan moment dengan melakukan aktivitas fotografi karena tempat ini memiliki pemandangan yang memukau.

 

 

 

Paket Tour Belitung 2023

Apakah anda ingin liburan di Belitung tapi belum punya planning wisata yang akan dituju? Tenang akan kami bantu membuatkan rute perjalanan dengan durasi waktu yang fleksibel di paket tour Belitung yang kami miliki.

Tak hanya Pulau Bangka yang terkenal memiliki wisata alamnya yang indah. Masih dalam satu kepulauan, Pulau Belitung pun memiliki berbagai wisata yang indah dan menarik. Ragam wisata tersebut bahkan terdengar hingga ke luar negeri. Berlibur di Pulau Belitung merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin mencari suasana baru!

Maka dari itu kami merancang layanan paket tour Belitung khusus untuk kamu dalam merencanakan liburannya dengan pengaturan waktu yang fleksibel saat mengunjungi tempat-tempat menarik di Belitung.

Silahkan pilih layanan kami sesuai keinginan kamu. Untuk harga tidak membuat kantong kamu kering.

Bagikan Postingan

Cerita Lainnya

Iklan - iklanan