Damar Pilau Indonesia

Gempa Cianjur 21 November 2022

gempa-cianjur-21-november-2022

Gempa Cianjur – Beberapa hari yang lalu terjadi peristiwa yang sangat memilukan bagi warga Masyarakat Cianjur. Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR terjadi dan meluluh lantakan ribuan bangunan di Kabupaten Cianjur.

Gempa Cianjur Jam Berapa?

Peristiwa gempa itu terjadi pada hari Senin, 21 November 2022 sekitar pukul 13.21 WIB. Gempa Cianjur juga dirasakan oleh masyarakat Jawa Barat dan DKI Jakarta lainnya hingga menjadi kepanikan yang luar biasa. Pada waktu itu masyarakat di Cianjur masih banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan. Terutama para pelajar dan pegawai. Makanya banyak korban merupakan anak – anak kecil yang tertimpa puing bangunan.

 

Gempa Cianjur Disebabkan Oleh ?

Menurut beberapa ahli menyebutkan bahwa gempa Cianjur merupakan gempa tektonik yang disebabkan oleh pergeseran lempeng sesar Cimandiri. Kawasan Cugenang / wilayah Cianjur yang menjadi episenter Gempa berjarak sekira 10 kilometer di sebelah utara jalur patahan Cimandiri. Jalur Sesar Cimandiri bermula dari Palabuhanratu lalu membentang ke arah timur dan berbelok ke utara di sekitar kawasan episenter gempa kemarin.

 

Apa Itu Sesar Cimandiri?

sesar-cimandiri

Dikutip dari berbagai sumber berita online bahwa sesar Cimandiri ialah sesar / patahan lempeng bumi yang berusia paling tua (umur kapur), yang membentang mulai dari Teluk Pelabuhan Ratu kemudian ke timur melalui Lembah Cimandiri, Cipatat Rajamandala, Gunung Tangguban Parahu – Burangrang dan kemungkinan diduga menerus ke timur laut menuju Subang. Secara keseluruhan, jalur sesar ini berarah timur laut – barat daya dengan jenis sesar mendatar hingga oblique (miring).

 

Jumlah Korban

Hingga artkel ini ditulis, release resmi mengenai jumlah korban meninggal dunia per hari Selasa tanggal 22 November 2022 sudah mencapai 268 orang. Kemudian korban luka berat dan luka – luka lainnya sudah sangat banyak sekali. Jumlah warga yang mengungsi semakin banyak karena untuk menghindari gempa susulan dan bertambah nya korban jiwa.

rumah-roboh-gempa-cianjur-21-november-2022
Akibat gempa Cianjur rumah rusak parah

Himbauan Pemerintah

Pemerintah dalam hal ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mewaspasai bencana lanjutan berupa tanah longsor dan banjir bandang usai guncangan gempa magnitudo 5,6. Himbauan ini dikhususkan bagi masyarakat Cianjur yang bermukim di daerah lereng-lereng perbukitan dan di lembah atau bantaran sungai.

Untuk sementara waktu diharapkan kepada masyarakat jangan memaksakan kembali ke rumah jika bangunannya rusak atau retak-retak. Karena ditakutkan gempa susulan yang lebih besar terjadi Kembali.

Peristiwa Gempa Bumi Di Cianjur

Seumur hidup saya ( Penulis ) yang merupakan asli Cianjur Kota belum pernah terjadi peristiwa gempa besar yang mengguncang kota Cianjur seperti sekarang ini. Walaupun peristiwa gempa memang sering terjadi dan dirasakan warga Cainjur, akan tetapi dengan kekuatan yang tidak begitu signifikan. Mungkin untuk daerah Cianjur bagian selatan pernah mengalaminya, namun untuk masyarakat Cianjur Kota dan sekitarnya peristiwa ini merupakan yang pertama dan mengerikan sekali.

 

pengungsi-gempa-cianjur-21-november-2022
Warga pengungsi tidur di pematang sawah

Saran & Harapan

Yang menjadi permasalahan hingga saat ini adalah minimnya informasi tentang bahaya gempa bumi bagi masyarakat Cianjur. Terlebih adanya sesar Cimandiri yang melewati wilayah Cianjur merupakan ancaman yang sangat serius bagi kita.

Saran kami kepada para pihak yang berwenang agak lebih banyak menginformasikan tentang kesiap siagaan mengahadapi bencana terlebih gempa bumi. Hingga saat ini masih banyak warga yang mengungsi membutuhkan bantuan makanan.

Bagi anda yang ingin berdonasi bisa langsung menghubungi nomor salah satu ketua Karang Taruna yang wilayahnya terkena dampak berikut ini : +62 812-2141-4664 ( Ozem )

Dan kepada seluruh wargi masyarakat Cianjur semua semoga tetap kuat dan tawakal dalam menghadapi bencana yang terjadi ini. Tetap jaga martabat kota Cianjur tercinta sebagai kota santri yang sugih mukti tur islami. #prayforcianjur #damarnesia

 

Bagikan Postingan

Cerita Lainnya

Bukan Iklan Jangan di Klik