Damar Pilau Indonesia

Misteri Situs Gunung Padang

situs-gunung-padang-cianjur

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Gunung Padang merupakan sebuah bukit yang terbuat dari susunan batu – batu besar persegi panjang yang ditata sedemikian rupa hingga mencapai ketinggian 885mdpl. Para ahli menyebutnya dengan istilah komplek punden berundak.

 

situs-gunung-padang-cianjur

Pertama Kali Mengunjungi Situs Megalitikum Gunung Padang

Saya mulai cerita ini ketika saya masih duduk di kelas 4 SD sekitar tahun 94 di kota kecil Cianjur. Kala itu wali kelas saya mengadakan acara rekreasi dalam rangka kenaikan kelas. Wali kelas saya ngajak ke Situs Gunung Padang yang pada waktu itu belum seterkenal sekarang. Saya sangat antusias sekali untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena mendengar cerita dari Wali kelas saya tentang keindahan alam dan keunikan situs tersebut.

Lokasi Situs Gunung Padang

Situs ini berada di desa Karyamukti Kec. Campaka Kab. Cianjur. Jaraknya sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan dari kota Cianjur. Untuk menuju kesana kita harus mengambil arah WarungKondang terlebih dahulu, kemudian nanti ada jalan khusus menuju ke lokasi situs.

 

Keindahan Alam Di Sekitar Lokasi

gunung-padang-site

Kontur alam pedesaan dan pegunungan yang masih asri sangat terasa sekali. Dan juga perkebunan teh yang sangat luas masih mendominasi wilayah alam sekitar lokasi situs.

Ada Apa saja di lokasi situs ?

megalitikum-gunung-padang

Jika dihitung dari pertama kali mengunjungi tahun 94 sampai tahun 2022 ini, mungkin ada sekitar 10 kali saya mengunjungi lokasi ini. Karena ketika pada waktu situs ini booming di media beberapa waktu lalu, banyak temen – temen saya dari luar kota yg penasaran ingin mengunjungi situs ini. Dan saya selalu mendampingi mereka kesana.

Sekarang, kondisi situs nya sendiri sudah sangat banyak berubah. Mungkin dulu belum benar – benar terawat seperti sekarang ini. Saat ini ketika tiba saja saya sangat tercengang melihat lokasi parkir dan loket masuk nya yang sudah sangat tertata dengan rapih. Titian anak tangga untuk menuju Puncak nya pun sudah sangat rapi dan nyaman untuk dilalui.
Di puncak situs nya sangat bersih dan terjaga dengan baik.

Sejarah Gunung Padang

Hingga kini masih banyak para ahli yang masih melakukan riset mengenai kapan situs ini dibangun dan untuk apa tujuannya. Merangkum dari berbagai tulisan / hipotesa yg berkembang saat ini ada yg menyebutkan bahwa situs ini dibangun 400 – 700 tahun sebelum masehi. Ada juga yg berpendapat bahwa situs ini dibangun sekitar 5.000 – 10.000 tahun sebelum Masehi. Bahkan ada yg menyebut situs ini lebih tua dari Piramida Giza yang ada di Mesir.

situs-gunung-padang-cianjur

Baca Juga : Batu Baginda Tempat Healing Viral di Belitung

Siapa yang membangun nya dan untuk apa tujuannya?

Dari berbagai hasil penelitian atau hipotesa yang berkembang hingga saat ini, belum ada satu pun yang bisa menyimpulkan siapa dan zaman apa sesungguhnya situs ini dibangun. Karena sejak pertama kali ditemukan sekitar tahun 1914 hingga saat ini telah beberapa kali rangkaian penelitian dilakukan di situs Gunung Padang ini. Hasilnya masih tetap belum memecahkan misteri siapa yang membangun situs megalitikum ini.

Namun jika dilihat dari beberapa bahan konstruksi dan desain yang dipakai, banyak kemiripan dengan situs suku Inca yg ada di negara Peru. Namun hal tersebut belum bisa dijadikan acuan keterkaitan dengan situs ini.
Adapun tujuan dibangun nya situs ini para ahli banyak menyebutkan untuk keperluan pertemuan ritual / pemujaan terhadap alam.

gunung-padang-karyamukti-cianjur

Cara Menuju Situs Gunung Padang

Ada bebagai pilihan cara untuk mengunjungi situs megalitikum ini. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, backpacker atau ikut program open trip. Nah buat yang lagi nyari paket open trip atau private trip Gunung Padang kamu bisa hubungi nomor WhatsApp berikut ini 0856 9328 8070 dijamin pelayanan mereka sangat memuaskan sekali.

Itulah cerita singkat mengenai situs megalitikum prasejarah terbesar di Asia tenggara Ini. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan kamu ya.

Bagikan Postingan

Cerita Lainnya

Iklan - iklanan