Damar Pilau Indonesia

Pulau Lengkuas Belitung Yang Indahnya Kebangetan

pulau-lengkuas-belitung-damarpilau-2

Pulau Lengkuas Belitung kini semakin trending dan populer di mata masyarakat Indonesia. Jika kita mencoba melakukan pencarian tentang Pulau Belitung di internet, maka yang muncul kebanyakan gambar – gambar menara mercusuar yang berada di pulau kecil tengah laut.

Sejarah Pulau Lengkuas

pulau-lengkuas-belitung-damarpilau-4
Pulau Lengkuas berada di kawasan Geopark Tanjung Kelayang yang dimna kawasan ini merupakan destinasi primadona nya pariwisata Belitung. Mercusuar Pulau Lengkuas sudah ada sejak tahun 1800 an, dimana mercusuar ini dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda. Menara mercusuar ini merupakan salah satu tempat pengawasan lalu lintas kapal laut yang hendak masuk atau keluar Pulau Belitung.

Menara yang mempunyai 16 lantai dan 313 anak tangga ini hingga sekarang masih aktif dan terawat dengan baik. Di lantai paling atas terdapat lampu mercusuar yang masih berfungsi dengan baik sebagai pemberi tanda kapal – kapal besar yang melintas di laut Belitung. Beberapa tahun ke belakang wisatawan diperbolehkan untuk menaiki menara hingga lantai paling atas, namun kini untuk menjaga fungsi dan kelestarian dari menara ini, pengelola hanya memperbolehkan para wisatawan naik hanya sampai lantai 3 saja.

Panorama Laut dan Hamparan Bebatuan Besar Yang Berserakan

pulau-lengkuas-belitung-damarpilau-3
Selain menara mercusuar yang sangat identik dengan Pulau Belitung, di Pulau Lengkuas ini terdapat bebatuan granit berukuran besar yang bertebaran mengelilingi pulau. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas Pulau Lengkuas yang sangat berbeda dengan pulau lainnya.

Aktivitas di Pulau Lengkuas Belitung

snorkeling-di-pulau-lengkuas
Di sekitar pulau ini kita bisa melakukan snorkeling atau berenang untuk melihat keindahan alam bawah lautnya. Jika kita datang pada waktu musim liburan tiba, maka kita akan melihat banyaknya wisatawan yang melakukan snorkeling disini.

Selain snorkeling, kita juga bisa melakukan diving atau menyelam untuk melihat keindahan alam bawah laut yang lebih dalam lagi. Karena keasrian alam nya yang masih terjaga, membuat batu karang, coral dan ikan – ikan laut di sekitar Pulau Lengkuas masih mudah dilihat dan luar biasa indah.

mercusuar-pulau-lengkuas-lantai-3

Baca Juga: 5 Pantai Di Belitung Yang Instagramable

Waktu yang tepat berkunjung ke Pulau Lengkuas

Jika kita akan mengunjungi Pulau Lengkuas Belitung, sebaiknya dilakukan pada waktu musim panas, atau sekitar bulan April hingga September. Karena di bulan – bulan ini angin yang berhembus tidak terlalu kencang. Serta panorama sunset nya sangat sempurna.
Waktu yang tepat berkunjung ke Pulau Lengkuas ini sebaik nya sore hari, karena cuaca yang tidak terlalu panas dan semilir angin yang berhembus memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan siang hari.

Bagaimana Caranya Menuju Pulau Lengkuas Belitung

pantai-tanjung-kelayang-belitung
Setelah sektor pariwisata Belitung semakin berkembang pesat, kini kita tidak akan susah mencari cara untuk mengunjungi Pulau Lengkuas, jika kita melakukan backpacker sendirian, kita hanya perlu datang ke Pantai Tanjung Kelayang saja. Karena disini banyak sekali nelayan lokal yang menyediakan boat / perahu untuk menyeberang ke Pulau Lengkuas.

Namun saran kami lebih baik kita menggunakan jasa penyedia paket tour Belitung. Selain segala fasilitas yang diberikan cukup baik, harganya pun tidak jauh berbeda dengan jalan sendiri / backpacker. Malah biasanya lebih murah jika kita menggunakan jasa penyedia paket tour Belitung.

Tour Travel Belitung Terbaik

Salah satu tour & travel Belitung yang sangat kami rekomendasikan adalah Agatha Tour. Karena selain harga paket tour nya yang murah meriah, fasilitas dan pelayanannya pun selalu memuaskan.

Itulah cerita singkat tentang Pulau Lengkuas Belitung yang bisa kami suguhkan. Semoga Bermanfaat.

Bagikan Postingan

Cerita Lainnya

Bukan Iklan Jangan di Klik