Damar Pilau Indonesia

Tebet Eco Park, Taman Terbaik di Jakarta Selatan

https://damarpilau.id/tebet-eco-park-taman-terbaik-di-jakarta-selatan

Hallo Sobat Damarian! Kali ini kita akan bercerita tentang Tebet Eco Park yang menjadi salah satu taman kota terbaik di wilayah Jakarta Selatan. Bahkan taman ini pernah dianugerahi sebagai taman kota terbaik se Asia Tenggara dari salah satu Lembaga Swadaya lingkungan skala internasional.

Apa Itu Tebet Eco Park?

Merupakan destinasi wisata taman yang memikat di tengah hiruk-pikuk kota metropolitan Jakarta. Tebet yang sebelumnya terdiri dari dua kawasan, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan kemudian disulap menjadi satu taman terpadu seluas 7,3 hektare dengan koneksi Infinity Link Bridge. Setelah revitalisasi, Tempat ini memiliki delapan zona yang terdiri dari Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, dan Wetland Boardwalk. Kini, Tempat ini menjadi salah satu pilihan rekreasi bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Bahkan disebut sebagai tempat healing baru di Jaksel.

Lokasi Tebet Eco Park?

Lokasi Tebet Eco Park ada di Jalan Tebet Barat Raya RT 1/RW 10, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12820. Terletak di kawasan Tebet, sebuah daerah padat penduduk yang dikenal dengan kemacetan lalu lintas dan gedung-gedung pencakar langit, tempat ini menjadi oase hijau yang menyediakan tempat bagi warga kota untuk beristirahat, bersantai, dan menikmati keindahan alam. Taman Ada berbagai cara untuk menuju Tebet Eco Park ini, karena lokasi nya sangat strategis di pusat kota Jakarta. Anda bisa menggunakan moda transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Taman Cempaka Cilangkap – Taman Terbaik Gratisan di Jakarta Timur

Ada Apa Saja di Tebet Eco Park?

1. Pesona Keberagaman Hayati

https://damarpilau.id/tebet-eco-park-taman-terbaik-di-jakarta-selatan
Skybridge Tebet

Tebet Eco Park tidak hanya sekadar taman biasa. Taman ini memiliki luas sekitar beberapa hektar dan menawarkan beragam keindahan alam yang patut dijelajahi. Tanaman-tanaman hijau yang ditanam dengan rapi menciptakan suasana yang menyejukkan dan menyegarkan. Pohon-pohon rindang, bunga-bunga berwarna-warni, serta beragam spesies tumbuhan lainnya menghiasi setiap sudut taman, menciptakan suasana yang harmonis dan menarik.

2. Rekreasi dan Aktivitas Luar Ruang

https://damarpilau.id/tebet-eco-park-taman-terbaik-di-jakarta-selatan
Playground

Tebet Eco Park bukan hanya tempat untuk duduk dan menikmati keindahan alam, tetapi juga menawarkan berbagai pilihan aktivitas rekreasi. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang jalur setapak yang melintasi taman, bersepeda, atau bahkan melakukan piknik bersama keluarga dan teman-teman di area yang telah disediakan. Bagi pecinta olahraga, taman ini juga memiliki lapangan sepak bola dan area bermain untuk anak-anak.

3. Konservasi dan Edukasi Lingkungan

 

Salah satu hal menarik tentang Tebet Eco Park adalah komitmennya terhadap konservasi dan edukasi lingkungan. Di dalam taman, terdapat area yang didedikasikan untuk mengedukasi pengunjung tentang pentingnya menjaga alam dan keanekaragaman hayati. Informasi tentang flora dan fauna lokal, pengelolaan limbah, dan praktik berkelanjutan disajikan secara interaktif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan.

4. Tempat Ramah Hewan Peliharaan

Bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan, taman ini adalah tempat yang ramah hewan. Anda dapat membawa hewan peliharaan Anda untuk berjalan-jalan santai di taman ini. Hal ini menciptakan suasana yang hangat dan akrab, di mana hewan peliharaan juga dapat menikmati udara segar dan lingkungan yang baru.

5. Pilihan Wisata Keluarga

Tebet Eco Park merupakan pilihan wisata keluarga yang sangat baik. Dengan berbagai fasilitas yang ada, anak-anak dapat bermain sambil belajar tentang alam. Aktivitas piknik dan rekreasi bersama-sama juga dapat memperkuat ikatan keluarga dan menciptakan kenangan indah.

Baca Juga: Nebula Glamping – Tempat Wisata di Sentul yang Lagi Hits

Tebet Eco Park Buka Jam Berapa?

Taman ini beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 – 20.00 WIB. Setiap harinya ada berbagai kalangan masyarakat yang menggunakan fasilitas taman ini.

Cara Masuk?

https://damarpilau.id/tebet-eco-park-taman-terbaik-di-jakarta-selatan

Untuk memasuki area taman saat ini, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Dimana tahun lalu kita harus melakukan pendaftaran melalui online terlebih dahulu, baik itu lewat aplikasi ataupun melalui situs resmi pengelola terkait. Kini, Anda tinggal langsung datang dan masuk saja tanpa dipungut biaya sepeserpun Alias Gratis.

Tempat Parkir

Pemprov DKI juga menyediakan lima kantong parkir bagi pengunjung. Berikut daftarnya:

  1. Area samping Sarana Square
  2. SMPN 73 Jakarta (khusus Sabtu-Minggu)
  3. POM Bensin MT Haryono
  4. Gedung Graha Pratama
  5. Gedung Wisma Pede

Cara ke Tebet Eco Park Naik KRL Commuter Line

Stasiun terdekat adalah Stasiun Cawang. Namun tidak ada mikrotrans atau angkutan umum yang melintas dari Stasiun Cawang. Dari Stasiun Cawang bisa naik ojek online ke Tebet Eco Park dengan jarak sekitar 1,1 kilometer.

  • Anda juga bisa turun di Stasiun Kalibata. Dari Stasiun Kalibata menyambung dengan Mikrotrans JAK-18 jurusan Stasiun Kalibata-Kuningan. Langsung turun di perhentian bus dekat denganlokasi.
  • Bagi yang datang dari Bogor bisa langsung naik KRL tujuan Jakarta Kota atau Tanah Abang lalu turun di Stasiun Cawang atau Stasiun Tebet. Begitu juga rute sebaliknya.
  • Bagi yang datang dari Bekasi bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai lalu naik KRL tujuan Bogor untuk turun di Stasiun Cawang atau Stasiun Tebet.
  • Bagi yang datang dari Tangerang bisa naik KRL tujuan Stasiun Duri lalu naik kereta tujuan Stasiun Manggarai dan berganti kereta ke Bogor untuk turun di Stasiun Cawang atau Stasiun Tebet.

Cara ke Tebet Eco Park Naik Transjakarta

https://damarpilau.id/tebet-eco-park-taman-terbaik-di-jakarta-selatan

  • Halte terdekat adalah Halte Tebet BUMD. Dari sana bisa berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer selama 15 menit atau bisa naik ojek online.
  • Halte Transjakarta Tebet BUMD dilewati koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), koridor 9A (PGC 2-Pluit), koridor 9C (Pinang Ranti-Kota), dan Koridor M7 (Kampung Rambutan-Harmoni).
  • Dari Jakarta Timur bisa langsung naik Koridor M7 (Kampung Rambutan-Harmoni).
  • Dari Jakarta Barat, Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara bisa naik Transjakarta koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), koridor 9A (PGC 2-Pluit), atau koridor 9C (Pinang Ranti-Kota).

Tebet Eco Park adalah contoh inspiratif tentang bagaimana kota-kota dapat merawat alam di tengah urbanisasi yang pesat. Melalui tempat seperti ini, kita dapat mengingatkan diri kita sendiri akan pentingnya menjaga lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.

Bagikan Postingan

Cerita Lainnya

Bukan Iklan Jangan di Klik